Senin, 13 november 2017

Hari ini hari terakhir gw di Korea Selatan, saatnya gw balik ke Tanah air, huhu..

Ga kerasa ya udah 6 hari aja gw di Korea, harusnya hari ini gw ke Ewha University, tapi karena uangnya ga cukup jadi gw mutusin langsung ke bandara aja.

Gw check out jam 11 siang, dari guesthouse gw jalan kaki ke Seoul Station, ternyata gw cek maps jarak dari guesthouse ke Seoul Station ga jauh loh, gw jalan kaki santai sekitar 20 menitan.

otw Seoul Station

Sampe Seoul Station gw langsung cari mesin tiket Arex All Stop Train, dan Seoul Station ini luas banget, gw udah males jalan-jalan keliling Seoul Jadi gw langsung beli tiket dan langsung menuju platform All stop train.

Gw berangkat dari Seoul Station jam 12 kurang dan tiba di Bandara Incheon jam 1 kurang, begitu sampe gw langsung ke counter check in. Btw FYI aja ya buat yang ke korea pake maskapai Air Asia, buat kepulangan ga bisa self check in, jadi harus check in di Bandara Incheon langsung.

Pas gw mau check in gila antriannya panjang banget, dan gw ngantri sekitar 1 jam. Kebayang kan pegelnya ngantri berdiri. Untung gw dateng cepet ke bandaranya.

Pas giliran gw check in gw deg-degan soalnya ga beli bagasi, tapi udah prepare duluan koper ga boleh lebih dari 7 kg, makanya yg udah ga gw pake gw buang di guesthouse.

Tapi alhamdulillah koper gw ga ditimbang, langsung dikasih tiket, aman! Karena gw ga beli bekel apapun jadi gw turun lagi kebawah beli makan, uang won gw masih sisa ₩4,000 , gw beli kimbab 1 dan langsung buru-buru naik masuk ke gate dan imigrasi karena rame banget.

Udah jam 2 PM gw antri, jam 15.30 gw udah boarding. Alhamdulillah sebelum jam 15.00 kelar semua tinggal nunggu di gate sambil makan kimbab..

Dan waktunya boarding..

Sekian cerita solo trip ke South Korea gw, kesan pertama kali solo trip ke negara impian paling jauh adalah sangat menyenangkan! Gw mulai menikmati jadi solo traveler.

Btw punya english skill pas-pasan ga menghalangi gw buat pergi sendiri loh, seenggaknya gw masih paham sama basicnya lah.

Next time kemana lagi ya...
Hahaha. Kerja dulu deh cari uang..

Goodbye South Korea!!! See you again :')

Pengeluaran Day 6 :

- Tiket Arex All Stop train : ₩4,350
- Beli Kimbab : ₩2,000

Total pengeluaran Day 6 : ₩6,350

Yang mau tau pengeluaran gw selama 6 hari solo traveling di South Korea silahkan cek disini