Btw postingan gue kali ini gue mau kasih tips nih bagaimana memilih teman traveling yang baik dan benar, walaupun selama gue traveling seringnya nemu yang bener. 
Berbekal pengalaman gue kemarin seminggu traveling ke Thailand dengan seorang teman dan pasangannya. Kali ini gue mau berbagi info kepada seluruh warga negara indonesia (soalnya yang baca pasti org Indonesia) supaya lebih pinter buat cari temen traveling biar ga ngerusak rencana awal dan ga ngerusak suasana saat sedang traveling. Cekidoooooooooot..

1. Carilah Teman yang KONSISTEN

Kenapa konsisten? gue yakin kalau dia ga konsisten, rencana awal yang udah di deal sebelum berangkat pas disana pasti berantakan. GUE YAKIN ! dan itu bener-bener ngerusak rencana dan mood lu selama liburan. Lu harus pertegas diawal kalau nanti pas ditempat liburan ga konsisten jangan marah kalau tiba-tiba lu milih jalan sendiri, karena nanti seolah lu yang salah. Contoh : kaya kejadian gue kemarin di itinerary padahal udah ditulis jadwal kita bakal pergi ke SANTORINI PARK dan CORAL ISLAND PATTAYA. tapi semuanya gagal total gara-gara teman traveling gue itu ga KONSISTEN dengan alasan uang udah abis karena dipakai belanja buat jualan, SIAPA SURUH DIABISIN ? harusnya sadar dong tau punya jadwal mau pergi ke tempat itu spend money kek, pisahin kek. itu namanya ga KONSISTEN. Yang rugi siapa ? GUE. Giliran gue bilang gue mau pergi sendiri aja dan gue bilang masing-masing aja jalannya, eh malah marah udah kaya gue yang salah. BYE !


2. Jangan ajak jalan temen yang EGOIS

Nah ini nih, mesti banget lu jangan sampe deh ajak orang model begini. Maunya nyenengin dan muasin diri sendiri sedangkan teman seperjalanannya ga ngerasa seneng. Yang namanya lu liburan bareng itu harus HAPPY BARENG, bukan HAPPY SENDIRI. Duh kapok gue ngajak orang model begini, pada kenyataannya mendingan gue jalan sendiri deh, seneng, susah, sedih juga sendiri. Ye kan?

3. Jangan ajak temen sama PASANGANNYA

Ini kesalahan terbesar gue selama gue traveling, ga kepikiran pas beli tiket kenapa mau-maunya ya gue pergi bareng temen sama pacarnya, duh dasar goblok dinda. Kenapa lu ga boleh pergi dengan temen model begini? meskipun ga semua temen lebih mentingin pacarnya ketimbang temennya, tapi mending jaga-jaga deh. Jangan kaya kejadian kaya gue kemarin, nempel mulu kaya perangko, berasa ga dianggep ada tau ga sih, berasa gue itu setan, terus pas dibahas dengan ANGKUH nya perempuan itu bilang " YA EMANG KENAPA, KAN ITU LAKI GUE !!!" duhhh ga nyangka gue statement itu keluar dari mulut dia, padahal selama ini curhatin sengsara sama tuh laki juga ke gue, ngeluhnya juga ke gue, malah belain tuh laki yang baru 3 taun  (maybe) dia kenal, sedangkan gue ? 8 tahun sahabatan ngga dianggep, aku mah apa atuh. Doain aja semoga ga jadi kawin ! AMIN #nohguemahjahat #guemahemangginiorangnya . Ga deng, semoga awet dah yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa sampe ada yang mati duluan. Pokoknya SOLO TRAVELING lebih baik daripada pergi sama temen model begini deh !

4. Jangan ajak temen yang NYOLOT

Duh yang ini paling bahaya nih, sejudes-judesnya gue, masih bisa nahan kalau marah dan kesel, kalaupun nanya ya harus baik-baik, jangan NYOLOT. kalaupun kelepasan ngomong dengan nada tinggi ya gue langsung MINTA MAAF bukannya TAMBAH NYOLOT. Kemarin padahal gue udah tahan-tahan kesel ga gue bahas tapi temen gue itu nanya kaya ngajak RIBUT, ya gue bales NYOLOT lagi ! kelarrrrrrrrrrrrrr deh lu ! BODO AMAT ! PEDULI SETAN GUE ! Ga temenan sama lu juga kagak mati gue nyeettttttttttttt. #masihkezel


5. Ajak temen yang BEDA KARAKTER

Sebenernya sama pun ga masalah, asal karakternya sama-sama baik, kalau sama-sama keras gue ga jamin kalian akur selama traveling. Kalaupun beda cari lah yang berlawanaan, misalkan gue keras, harus sama orang yang lembut, bukan berarti yang keras nginjek yang lembut ya. Kalaupun pada saat lu lagi liburan ada ribut-ribut kecil, paling ngga ada orang yang berusaha nenangin lu. Tapi jangan keseringan juga yang ada temen lu yang lembut juga jadinya MUAK ngalah terus. Kalau keras ketemu keras susah buat nyatuin komunikasinya. Sama-sama merasa paling bener (tapi gue kemarin udah bener sih, sampe sekarang masih mikir dimana letak kesalahan gue ya).

6. Jangan ajak temen yang RIBET

Yang ini aduh gue males banget sama orang model begini, takut panas lah, capek lah, jangan deh ajak yang model beginian, gue jamin lu pasti kesel ngeliat dia ngeluh mulu kepanasan kecapean.

7. Jangan ajak temen yang LELET

Yang lelet buang aja kelaut, disaat orang udah siap-siap mau pergi dia malah masih main hp ketawa sendiri dikasur, besok-besok gw nemu model beginian. Gue TINGGAL !!!!!!


8. Jangan ajak temen yang SOTOY alias SOK TAU

Gue paling sebel kalo pergi sama orang yang kaya begini, padahal jelas-jelas dia gak tau, tapi sok tau. Kan udah salah terus ngotot jadinya bikin kesel kan. jadi kalo pergi sama orang yang begini biarin aja suka-suka dia kalau dia salah juga malu sendiri. Kaya kejadian kaya gue kemarin di Phuket. Gue udah bilang gue ga mau bawa motor , mending sewa mobil bertiga. Gue diluar negeri agak takut buat naik motor soalnya gw googling sana sini emang negara kaya Thailand, Vietnam, Cambodja itu lalu lintasnya sama buruknya sama di Indonesia. Tapi masih lebih baik di Indonesia menurut gue. Dan selain itu gue juga ga punya SIM dan gue takut ada operasi kendaraan disana. Dan tuh orang sotoy ga bakalan ada operasi katanya. Dan akhirnya kita pilih motor. Dan bener dong ada operasi !!!! dan gue kena TILANG dan disuruh bayar 500 THB (hampir 200ribuan) ! mampuuuussss lu bayarin tuh duit tilang gue. SOTOY siy ! #masihkezel.

Jadi maksud gue adalah kalau temen lu merasa udah tau kenapa harus nugasin lu buat googling sana-sini dan bilang "gue ngikut aja" . padahal kenyataannya nyampe sana boro-boro ngikut, yang ada SOTOY.

 surat cinta dari polisi phuket 
                                                     
Melalui tulisan ini gue cuma mau kasih saran buat kalian semua yang pernah jadi orang yang seperti yang gue tulis diatas, saran gue adalah :
" Hargailah usaha teman seperjalanan lu, entah usaha buat jaga suasana meskipun suasana hati sedang buruk tapi dia berusaha buat ga ngerusak suasana saat liburan dan sengaja ga bahas. Atau usaha dia buat BIKIN ITINERARY dan googling sana-sini buat cari tau tentang semua tempat yang ada di itinerary supaya liburan jadi terjadwal dengan baik, dan usahakan pada saat meeting sebelum pergi keluarin semua saran lu ke temen seperjalanan lu supaya temen lu ga ngerasa terlalu mengatur semua jadwal, padahal itu bukan kemauan dia, dia berusaha buang-buang waktunya saat kerja demi googling sana-sini, cek penginapan, cek apapun yang berhubungan dengan traveling. TOLONG HARGAI, ga susah kan?" 

Segitu aja postingan dari gue. Semoga kalian tidak termasuk orang-orang yang nyebelin kaya yang gue tulis diatas yaa..