Beberapa hari yang lalu gw ngetrip ke Belitung bareng sahabat-sahabat gw, kita ga pake travel, cuma sewa mobil aja dan selama disana kita lebih banyak explore sendiri kecuali hari kedua karena Island Hopping kita diarahin sama Abang yang setir kapal (mobil kali ah setir).

Trip ini gw yang atur semuanya, mulai dari pesen tiket pesawat, cari penginapan, sewa mobil, kapal, cari tempat-tempat wisata Belitung yang wajib dikunjungi, cari rekomendasi tempat makan (meskipun ujung-ujungnya kita random cari tempat makan), ngitung budget akomodasi, juga nyusun itinerary lengkap, yang lain tinggal terima beres aja. Alhamdulillahnya gw seneng ngurus yang beginian, maklum jomblo ga ada yang diurus 😆

Gw mulai cerita dari hari pertama ya, postingannya gw tulis berdasarkan hari aja.

Day 1, Sabtu 1 September 2018

Kita naik pesawat yang flight jam 07:30, sebenernya mengenai jadwal pesawat ini kita banyak dramanya, gimana ga drama coba maskapainya galau gonta ganti jadwal penerbangan. Awalnya kita pesen yang jam 11:30 tiba-tiba dirubah ke jam 15:10, terus gw minta dirubah lagi ke pagi aja karena ngapain  sampe Belitung sore, dan untungnya bisa jadi kita dirubah ke jam 06:20, and then H-1 dapet sms lagi dirubah ke 07:30 dong.  Astaga maskapainya galau banget. Tp gpp cuma beda sejam aja dimundurnya.

Jam 05:00 pagi gw sama Andri dan Ryan berangkat ke Bandara, kita sengaja berangkat lebih awal biar ga diburu-buru waktu, padahal sampe sana tetep aja delay lagi sejam lebih, yang harusnya jam 07:30 udah take off, eh malah take off jam 09:20, sampe sana sekitar jam 10 lewat (karena lama penerbangan dari Jakarta ke Tanjung Pandan sekitar 45 menit). It's oke yang penting sampe Belitung masih pagi, jadi jadwal yang gw atur dihari pertama masih keburu lah.

Sampe Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjung Pandan alias Belitung, kita langsung ke parkiran buat cari mobil yang udah dianter sama orang rental. Btw kita selama 3 hari rental mobil di Belitung lepas kunci karena temen gw bisa bawa mobil manual.  FYI di Belitung kebanyakan rental mobil tuh manual jarang yang matic. Gw Rentalnya di Klik Belitong Tours, Kalau kalian yang mau liburan ke Belitung gw sangat merekomendasikan Travel ini, pelayanannya pas WA ke staffnya fast respon banget, Travel ini ga cuma melayani rental mobil aja kok, mereka juga melayani paketan trip, rental motor, terus sewa kapal buat Island Hopping juga, jadi pas sampe Pantai Tanjung Kelayang ga perlu repot-repot cari kapal disana plus tawar-tawaran lagi. Untuk info lebih jelas silahkan cek di Klik Belitong Tours atau bisa hubungi staff nya langsung buat tanya-tanya namanya Mba Yuni 081949284808 atau bisa juga cek instagramnya Klik Belitong Tours (klik disini). Orangnya baik banget, kalo kita nanya rekomendasi pasti dikasih tau, terus bisa start dari Bandara juga rentalnya, nanti orang rentalnya anter mobilnya ke Bandara dan ditinggal diparkiran. Lumayan kan irit ongkos Bandara Hotel PP.

Pas ketemu mobilnya di parkiran kita langsung ke destinasi pertama yaitu Museum Kata Andrea Hirata, kita sengaja ke Museum Kata dulu karena Museum Kata sama Replika Sekolah Laskar Pelangi ini lokasinya jauh dari kota Tanjung Pandan yaitu daerah Manggar, kalo dari Bandara sekitar 1 jam kurang lebih. Jalan menuju Manggar ini sepi dan jalannya juga masih lumayan lah ga jelek dan ga bagus banget juga, kanan kiri banyak pohon macem-macem, so far aman banget kok di Belitung ga ada begal. Tapi tetep aja sih kayanya kalo kesorean atau kemaleman horor juga, soalnya gw perhatiin jalanannya ga ada lampu jalan.

Tadinya sebelum ke Museum Kata kita mau makan dulu di Fega Seafood yang katanya recomended, tapi berhubung kita udah kelaperan jadi memutuskan untuk makan seketemu warung makan aja, dan ketemulah warung Pak Yo yang makanannya sih makanan rumahan, gpp lah yang penting makan.

Museum Kata Andrea Hirata

Abis makan siang, kita lanjut ke Museum Kata Andrea Hirata, lama perjalanan sekitar 20 menit. Buat masuk kesini ga bayar tiket tapi diharuskan membeli buku Laskar Pelangi seharga Rp. 50.000, sama aja sih cuma bedanya kalo tiket masuk kita ga dapet buku, kalo ini kan istilahnya kita bayar 50rb dapet buku, menurut gw gpp sih anggep aja kita nyumbang. Hehe.

Abis bayar dan dikasih buku,  kita langsung masuk ke dalem, sepi banget, pas dateng cuma ada kita pengunjungnya, bagus sih foto juga jadi leluasa, tapi ga berapa lama dateng pengunjung lain. Untungnya pas dateng pengunjung lain kita udah banyak foto-foto.

Setelah puas foto-foto kita mampir dulu ke Warung Kupi Kuli sebelah Museum Kata buat duduk bentar nyobain kopi khas belitung.

Replika Sekolah Laskar Pelangi

Ga lama di Warung Kupi Kuli kita lanjut menuju Replika Sekolah Laskar pelangi yang jaraknya masih deket sama Museum Kata maybe sekitar 10 menit. Sampe sana rame pengunjung, untuk masuk kesini dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang, sayangnya gw lupa foto tiketnya.

Cuma sejam ngabisin waktu di Replika Sekolah Laskar Pelangi, kita mutusin buat ke Hotel dulu daerah Tanjung Pendam, lama perjalanannya kurang lebih 1,5 jam. Lama banget bok ! Di trip kali ini mohon maaf gw ga akan review hotelnya, gw ga akan kasih tau kita nginep dimana karena suatu hal, mau tau alesannya ? silahkan baca postingan di Link ini ya.

Sampe hotel, kita langsung check in dan masuk ke kamar, gw dapet kamar yang lebih gede daripada temen gw yang 2 orang cowo, dan view kamarnya pun langsung menghadap pantai.

Bagus sih hotelnya dan kamarnya, tapi HOROR ! Hahaha. Sampe kamar kita ganti baju dan langsung cabut menuju Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi

Jarak dari Hotel ke Pantai Tanjung Tinggi lumayan ga terlalu jauh, lama perjalanannya sekitar 30 menitan lah. Sampe Pantai Tanjung Tinggi buset rame banget, dan sore itu karena cuaca mendung jadi ga dapet sunset, dan kita foto ala kadarnya aja karena menurut gw mau kamera sebagus apapun kalo cuaca mendung dan lokasinya terlalu rame hasilnya bakal ga bagus. berikut foto-foto ala kadarnya pas dihari pertama ke Pantai Tanjung Tinggi (soalnya besok pagi kita kesini lagi buat foto-foto).

semendung ini guys, foto ga ada yang di edit ya jadi Real emang cuacanya begitu

Karena udah mau maghrib, kita mutusin buat balik ke Hotel buat mandi dan malemnya kita makan Malem di Cafe Yummy deket Hotel.

Abis itu kita pulang ke hotel dan istirahat deh karena besok bakal Hopping Island seharian.