Review Penginapan kali ini gw bakal ngereview tempat gw menginap beberapa bulan yang lalu di Jogja. Seperti biasa gw setiap traveling ala backpacker gw selalu menginap di hostel bukan hotel, karena buat Traveler kere kaya gw rasanya sayang banget kalo harus ngeluarin duit banyak cuma buat tidur, kecuali honeymoon ntar plus dibayarin ya, Hahaha.

Pas ke Jogja kemarin gw sempet beberapa kali booking cancel booking cancel beberapa hostel karena jujur sekarang Jogja banyak banget hostel yang murah dan bagus dan bikin gw bingung. Tapi pilihan akhirnya jatuh pada Otu Hostel by Ostic. Kenapa ?

Ratenya Murah

Kemanapun gw traveling, mau sendiri atau enggak, gw selalu pilih penginapan yang ratenya murah. Bukan berarti penginapan yang murah itu jelek dan kumuh ya. Buktinya selama ini gw selalu dapet penginapan yang murah tapi tempatnya enak, bersih dan nyaman. Nah Otu Hostel ini masuk itungan budget gw waktu ke Jogja kemarin. Lumayan loh per malem kalo sendiri cuma 100rban. Kemaren gw nginep 2 malem cuma bayar sekitar 200rb lebih kalo ga salah. Karena gw udah DP buat 1 malem, jadi pas sampe penginapan gw cuma bayar sisanya buat 1 malem. FYI aja, kalo high season, pihak hostel akan menghubungi tamu buat confirm plus transfer DP. Kemarin pas gw pergi high season gw disuruh transfer soalnya. Tapi kalo ga high season gw kurang paham sih ya, lupa nanya sama Mas Evan Pegawai di Otu Hostel. Oya ada enaknya menginap disini, kalo nginep minimal 2 malem gratis jemputan di Stasiun dan Bandara.  Gw kemaren dijemput di stasiun soalnya. Lumayan kan irit ongkos ke hostel.

Gw biasanya kalo booking pasti di booking.com, karena gw member Genius yang dapet banyak keuntungan kalo pesen lewat situs ini (bukan iklan ya shayy), gw bisa filter hostel yang ga harus punya kartu kredit, Dan otu hostel ini ga harus masukin nomer kartu kredit buat booking, mudah kan? Tapi kalo mau booking ke Otu Hostel nya juga bisa kok, coba cek web nya aja disini.

Rate di Booking.com
Rate di Web Otu Hostel

Lokasinya Strategis dan Tenang

Beberapa kali ke Jogja, gw belum pernah ke daerah Prawirotaman, nah Otu Hostel ini lokasinya di Jl, Prawirotaman, which is katanya lokasi ini semacam Legian nya Jogja, dan didaerah sini banyak juga Cafe dan Tempat nongkrong bagi yang emang ke Jogja buat jalan-jalan santai alias seneng ke Cafe. Gw rekomendasiin Otu Hostel ini walaupun letak hostelnya agak susah ditemukan karena masuk Gang, tapi ga usah khawatir kalo pake maps In Syaa Allah ga nyasar.

Yang gw suka lokasi Otu Hostel ini didalem gang karena menurut gw jadi lebih tenang, ga ada berisik suara kendaraan dijalan raya, atau musik-musik kenceng di Bar, tidur pun jadi nyenyak banget.

Oya, daerah Prawirotaman ini deket juga ke Alun-alun kidul, Keraton Jogja, Taman Sari Water Castle, Malioboro, juga Pusat oleh-oleh Jogja. Waktu kemaren gw pesen ojek online dari hostel ke Alun-alun kidul cuma 5rb rupiah dan sekitar 10 menit langsung sampe! deket kan?


Kamarnya Bersih dan Nyaman

Gw tipe orang yang jijik-an liat kamar yang kotor, terus karena kulit gw sensitif jadi ga bisa kena nyamuk dikit langsung lecet kulitnya, dan sekarang gw kalo tidur biasa tidur di AC jadi kalo kamar ga ada AC atau AC nya ga dingin tidurpun ga nyenyak kepanasan, bukan sok syantik tapi emang begitulah keadaannya. wkwkwk. Dan menurut gw kamar di Otu Hostel ini kamarnya bersih, ga ada nyamuk, binatang lain kaya kecoa juga ga ada! Penting! Gw takut kecoa soalnya hahaha. Mungkin karena  tiap hari dibersihin dan dirapiin kali ya. Terus AC nya pun dingin banget, terus tempat tidurnya ada gordennya jadi walaupun kita tidur campur sama orang lain tetep punya privasi, kasurnya juga bersih ga ada kutu kasur. hiiii.. dan lumayan lah ga keras tapi ga empuk juga. Minusnya buat gw ya (gw doang, ga tau tamu lain) karena tangga tempat tidurnya terbuat dari besi dan agak kecil besinya, dan gw kebagian tempat tidur diatas jadi pas naik ke tempat tidur telapak kakinya agak sakit pas nginjek besi. Tapi dari segi kenyamanan dan kebersihan oke kok. Dan kamarnya pun ga sempit banget, jadi buat 4 tamu bisalah naro 4 koper. 

Tempat tidur gw nomor 10


Selain itu juga didalam kamar ada loker, tapi untuk pake loker ini harus naro uang deposit 50rb, nanti pas check out dibalikin, kemaren sih gw sempet pake loker, tapi karena ga kepake jadi gw ambil lagi uang depositnya karena barang-barang berharga gw simpen di koper pas mau tidur dan kopernya gw kunci, tapi kalo keluar hostel semua barang berharga ga ada yang gw tinggal, alias gw bawa semua.

Loker didalam kamar

Sarapannya Enak

Jarang loh hostel yang nyediain sarapan gratis, kalaupun ada paling menunya standar roti atau telur. Yang gw suka dari Otu Hostel ini selama 2 hari gw nginep menu sarapannya enak dan termasuk sarapan berat loh. Salut sama Ownernya, ga mau rugi dengan menyediakan menu yang banyak buat sarapan dan tiap hari menunya beda. Gw aja sampe kenyang duluan saking menunya kebanyakan. 

Menu Sarapan Hari Pertama

Menu Sarapan hari kedua

Selain itu, di Otu Hostel juga ada dapur yang bisa dipakai buat masak mie atau masak yang lain, dan juga ada kulkas yang bisa kita pake kalo mau naro makanan, inget ya kalo naro makanan disini harus dilabelin nama sendiri, karena kalo ilang pihak hostel ga tanggung jawab. Dan tersedia juga teh, kopi, dan gula yang bisa kita minum kapanpun kita mau. Gratis! kecuali minuman yang ada di kulkas yang khusus buat simpen minuman jualan.


Kulkas nya dipojokan


Kulkas khusus minuman yang dijual

Meja Makan dan ada Komputer gratis yang boleh dipake

Ada TV didalam Kamar Mandi

Seumur-umur gw nginep di hostel, gw ga pernah nemu kamar mandi yang gede dan ada TV nya. Gw pun sebenernya bingung alesan Owner nya simpen TV di Kamar Mandi biar apa, kalo biar betah didalem kamar mandi ntar yang ada jadi ngantri lama. Lebih bingung lagi kenapa ga simpen TV di Kamar Tidur? Hahaha. Tapi gak apa-apa sih mungkin emang sengaja konsepnya kaya gitu, hehe.

Lorong menuju kamar mandi



keren kan ada TV nya ? 

Di Otu Hostel ini kamar mandi yang ada kloset, wastafel, shower dan tv ada 3 kamar mandi, yang cuma ada shower kalo ga salah 1. Ya lumayan banyak lah menurut gw dengan kamar yang ga terlalu banyak. Karena Otu Hostel ini desainnya emang kaya rumah biasa, dan gw sebagai tamu ngerasa kaya lagi dirumah sendiri karena homey banget tempatnya. 

Kamar mandinya keseluruhan sebenernya bersih, cuma ada 1 moment yang lumayan bikin ilfil pas ke kamar mandi yaitu ada WC yang belum di flash (ada t*i ngambang wkwkkw), dan menurut gw sih bukan kesalahan pihak pegawainya ya tapi karena tamunya aja yang mungkin lupa siram (Khusnudzon aja gw mah). Mungkin saran aja buat Pegawainya mungkin harus lebih sering dicek lagi kamar mandi nya takutnya kejadian pas gw kemarin nginep terulang lagi. Tapi dari segi keseluruhan Otu Hostel ini bersih kok. Cuma gw doang kayanya tamu yang apes nemu WC yang belum kesiram. Hehe.

Ada Kolam Renang

Kolam Renang? serius??? hostel ada kolam renangnya?? hahaha lebay ga sih gw? ga ah, ga lebay tapi emang gw belum pernah nginep di hostel yang ada kolam renangnya loh. Baru kali ini gw nginep di hostel yang kaya hotel bisa berenang syantik malem-malem. Yeah, that's why kenaapa gw pilih Otu Hostel buat tempat singgah di Jogja kemaren, gw pengen nanti sekalian berenang malem, lumayankan berenang gratis, daripada gw berenang di Water Bom Mahal :p



Dan Enaknya View kolam renang ini banyak banget tempat duduk buat santai, kalo malem gw seneng banget tiduran atau sambil duduk aja santai. Lumayan ngilangin penat dan capeknya abis keliling Jogja.



Owner dan Pegawainya Baik dan Ramah

Kelebihan lainnya di Otu Hostel adalah pegawainya baik-baik, ada pegawai yang stand by malem dan siang, masing-masing 1 orang, gw cuma kenalnya sama Mas Evan aja. Mas Evan orangnya seru banget diajak ngobrol, asyik, dan amat sangat informatif, padahal baru kenal tapi berasa udah lama kenalnya. Dan juga ga pelit kasih info, setiap gw nanya pasti dijawab sama Mas Evan. Begitu sampe hostel gw dijelasin setiap ruangan sama Mas Evan . Selain Mas Evan pegawai yang nyiapin sarapan pun baik-baik, sebelum sarapan siap mereka selalu tanya mau dibikin sekarang atau enggak makanannya. 

Bersama Mas Evan
Loker tempat menyimpan alas kaki


Front Desk nya

Gw sempet ketemu Ownernya namanya Mas Oscar, orangnya baik dan ramah banget, gw sempet ngobrol agak lama sambil nunggu ojek online jemput pas mau check out. Sayangnya lupa buat minta foto bareng. 

Reviewnya Bagus

Terakhir alasan gw kenapa pilih menginap di Otu Hostel by Ostic adalah REVIEW nya bagus!!! Berdasarkan observasi gw (ceilee..) maksudnya berdasarkan hasil gw cek review di situs-situs khusus booking penginapan, khususnya booking.com (mon maap, bukan iklan ya shay) Otu Hostel termasuk hostel yang reviewnya bagus, dan banyak Traveler yang merekomendasikan hostel ini, karena bagi gw review para Traveler yang bagus amat sangat membantu gw yang anaknya galau-an urusan penginapan.

Review di Booking.com Istimewa  loh, sesuai!

Ya sekianlah review gw tentang Otu Hostel ini, kesannya adalah amat sangat menyenangkan bisa menginap disini, gw puas dengan harga hostel gw dapet pelayanan rasa hotel. Semoga review gw bisa membantu kalian yang lagi galau cari penginapan bagus tapi murah ya.. 

Selamat Menginap !