Seperti janji gw sebelumnya, kalau gw bakal berbagi pengalaman apply Visa Korea Selatan bulan september lalu, kemarin gw bikin Visa di pertengahan bulan september, padahal berangkatnya diawal november. Emang sengaja sih biar cepet beres aja dan biar tenang udah tinggal persiapan berangkat aja.

Sebelum gw ke Kedubes Korea Selatan, hal yang harus gw lakukan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen penting sebagai persyaratan untuk mengajukan Visa Korea Selatan.

Berikut persyaratan dokumen untuk apply Visa Korea Selatan yang gw lampirkan kemarin :

  • Paspor Asli. Masa berlaku paspor pas keberangkatan harus minimal 6 bulan sebelum tanggal kadaluarsa, paspor gw kemaren pada saat apply masa berlakunya tinggal 10 bulan lagi sebelum tanggal kadaluarsa dan pas berangkat masa berlakunya 8 bulan lagi dan Alhamdulillah aman, padahal sempet parno ga bakal di approved .
  • Fotocopy paspor. Bagian depan (halaman identitas), cap-cap negara yang pernah dikunjungi (cap imigrasi), dan bagian belakang yang ada alamat rumah lengkap, masing-masing difotocopy sebanyak 1 lembar saja. Untuk yang sering traveling ke luar negeri cap-cap imigrasi yang ada di paspor lumayan ngebantu buat apply Visa, gw kemaren lumayan banyak karena gw udah pernah ke Bangkok 2x, Kuala Lumpur 1x, Singapore 2x, meskipun sebenernya ga ngaruh ke approved atau nggaknya Visa, tapi untuk memperkuat aja kalo gw emang suka traveling, jadi ke Korea pure mau Traveling bukan mau jadi TKI ilegal.
  • Formulir Aplikasi Visa (bisa download disini). Jangan lupa isinya harus teliti jangan asal.

  • Fotocopy Akte Kelahiran (1 lembar)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (1 lembar)
  • Fotocopy ID Card, NPWP, KTP (difotocopy 1 lembar digabung)
  • Bukti Potong Pajak (SPT 21) Asli dan Bukti Lapor Pajak . Sebenernya untuk SPT ga harus asli, tapi gw lebih baik lampirin aslinya aja, dan juga bukti lapor pajak, kalo lapornya online bisa print email bukti lapor pajak onlinenya. Dan menurut gw SPT ini wajib banget dilampirin, karena bukti kalo kita memang bekerja di Indonesia dan ke Korea Selatan cuma mau traveling. Karena temen gw apply tanpa SPT, disuruh balik lagi dan bikin surat keterangan tidak memiliki SPT, ribet deh pokoknya sampe akhirnya Visa dia Decline.
  • Surat Keterangan Kerja (harus dalam bahasa Inggris)
  • Surat Referensi Bank (Harus Asli). Katanya sih cuma bisa bikin di tempat pertama kali membuka rekening, gw kemaren bela-belain balik ke Banten buat bikin surat refrensi BCA, pas sampe Bank ternyata ga bisa hari itu juga jadi baru bisa diambil besok atau lusa, tergantung dari Kancab nya ada atau ngga, jadi gw dateng hari rabu dan jumat baru bisa ambil, untuk Surat referensi Bank ini dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000 (untuk BCA) dan dibayarkan pada saat pengambilan surat.
  • Rekening Koran 3 bulan terakhir. Untuk yang satu ini merupakan persyaratan yang menurut gw paling menentukan, sebelum apply Visa gw banyak blog walking sana sini cek pengalaman orang-orang dan banyak yang mengutamakan persyaratan rekening tabungan, ada yang punya tabungan 15 juta ga lolos, ada yang cuma 8 juta lolos, dan disitulah gw galau. kenapa? masalahnya adalah gw ga punya tabungan sama sekali, nah loh! hahaha (jujur uang buat ke Korea gw ngandelin uang pas gajian aja), dan banyak yang bilang juga ga boleh ada dana fantastis beberapa hari sebelum tanggal cetak, dan itu terjadi sama gw. Jadi  pada saat 4 hari menjelang cetak rekening koran tabungan gw yang tadinya cuma ratusan ribu tiba-tiba ada transferan sebesar 8 juta pinjem ke temen, dan 2 hari menjelang cetak gw minjem duit adik gw 3 juta buat naro direkening, jadi total tabungan akhir gw adalah 11 juta lebih, sebenernya gw pesimis banget bakal approved, tapi gw pasrah dan nekat aja, approved syukur ga approved ya udah bukan rezeki, saran dari gw kalau mau apply Visa kita harus pasrah sama hasil, biar ga kecewa. Hehehe. Tapi alhamdulillah abis gw apply Visa, 6 hari kemudian gw buka web cek status aplikasi gw ternyata Visa gw di APPROVED!! Alhamdulillahhhh.. rezeki anak Shalehah.. 
  • Foto ukuran 3.5cm x 4.5cm dengan latar belakang warna putih (2 lembar). Saran gw lebih baik foto ditempat biasa urus Visa, mereka pasti udah tau. Kemaren gw foto di Jalan Sabang Sarinah lupa nama tempatnya apa, biayanya 50rb kalo ga salah (lupa) dapet 4 lembar. Oya buat yang matanya minus ga boleh pake softlens ya harus copot, kemaren gw gitu harus dilepas.
  • Print Bookingan Tiket Pesawat. Kebetulan gw udah beli tiket dari bulan february jadi gw lampirin sekalian.

  • Print Reservasi Penginapan. Kalo takut Visa ga approved lebih baik reservasi di situs yang ada ketentuan pembatalan gratis kaya Booking.com, kemarin gw reservasi di situs tersebut.
  • Print Itinerary. Untuk itinerary gw bikin selengkap-lengkapnya dimulai dari mau kemana, naik apa, terus budget berapa, nginep dimana, penginapan berapa, biaya makan berapa, harus sedetail itu jadi Kedubes bisa tau perkiraan biaya hidup gw selama disana berapa, dan mereka bisa cek sesuai ga sama uang yang ada direkening tabungan. 
Setelah semua dokumen lengkap, hari senin pagi tanggal 18 september 2017 gw menuju Kedubes Korea Selatan yang terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 57, sebenernya ga sulit menemukan alamat Kedubes Korea Selatan, cuma kalo naik gojek susah cari di maps gojek, waktu itu gw sampe berantem sama abang gojeknya cuma gara-gara salah jalan. Untuk pengajuan Visa loket buka di hari Senin s/d Jumat , dimulai dari jam 09.00 sd 11.30 WIB (info lengkap silahkan baca disini), saran gw lebih baik datang pagi kesini, tapi gw dateng jam 9 lewat ga lama banget koq antrinya asal sabar aja. Gw pas dateng dapet antrian ke 50 dan ga lama cuma 40 menit langsung dipanggil, terus jam 10.30 juga udah kelar deh gw.





menunggu antrian
Pas dipanggil, gw cuma tinggal kasih dokumen yang disimpen di map, nanti petugas loket akan cek dokumennya, kalo ga lengkap pasti disuruh dilengkapin (kaya temen gw disuruh balik lagi), tapi kalo lengkap kaya gw langsung disuruh bayar sebesar Rp. 544.000 untuk tipe Single Visa Entry yang berlaku selama 3 bulan (tapi untuk kunjungan hanya berlaku selama 30 hari dari tanggal masuk ke Korea Selatan).

Bukti pembayaran sekaligus tanda terima untuk pengambilan paspor
Nanti dikasih tanda terima buat pengambilan paspor, dan disitu juga tertera jadwal perkiraan Visa keluar, dan juga dikasih tau cara cek status gimana. Setelah selesai gw pun langsung pulang.

Untuk cek status aplikasi bisa dicek 1 hari menjelang perkiraan keluar, misalnya tanggal perkiraan Visa gw keluar tanggal 27 september 2017, gw bisa cek ditanggal 26 september 2017, gw cek pagi statusnya masih received, tapi pas gw cek lagi siang jam 2 an status gw Approved ! yeayyy alhamdulillah.. 

Besokannya gw ga sabar langsung ke Kedubes buat ambil Paspor gw yang udah ditempelin Visa, akhirnya perjuangan gw buat Ke Korea Selatan ga sia-sia. Untuk pengambilan paspor hanya bisa dilayani di jam 14.00 sd 16.00, diluar dari jam itu ga dilayani.




Jadi, 10 hari menjelang gw berangkat, temen gw mendadak pengen ikut, dan dia apply Visa mepet banget, dia belum beli tiket jadi cuma issued di Travel aja dan di print buat lampiran dokumen pengajuan Visa, nah ternyata sampai pas tanggal 7 november Visa dia belum juga keluar padahal di tanggal itu gw udah harus cabut, sampe akhirnya dia batal ikut dan pas tanggal 9 november 2017 Visa dia DITOLAK. Gw ga tau apa alesannya, tapi menurut gw ada beberapa hal yang membuat Visa dia ditolak, Berikut beberapa pendapat gw : 

  • Tidak Bekerja. Temen gw emang lagi nganggur, tapi dia anak orang berada, tapi Ayahnya udah meninggal, jadi pada saat dia ngajuin Visa, dia lampirin surat referensi orang tua itu dari Ibu dan rekening tabungan Ibunya plus rekening tabungan dia, dan ibunya ga kerja cuma Ibu rumah tangga jadi mungkin agak sulit ya mau apply Visa, kecuali Ibunya juga apply, padahal rekening tabungan dia lebih gede dari gw loh, ga ngejamin kan ?
  • Tidak punya NPWP dan SPT 21. Dia pernah kerja setahun dan resign pas akhir juni, tapi gw juga ga paham kenapa kantor tempat dia bekerja ga bikinin NPWP dan ga urusin SPT nya. Jadi pada saat dia apply dia ga lampirin SPT dan NPWP dan disuruh bikin surat keterangan tidak memiliki NPWP dan SPT, tapi udah bikin tetep aja ditolak.
Mungkin cuma 2 hal aja yang menurut gw berpengaruh buat ngajuin Visa Korea, selebihnya mungkin memang belum rezekinya dia aja, dan hanya Kedubes Korea dan Allah SWT yang tau. So, buat kalian yang mau apply Visa Korea Selatan, gw doain semoga Visa di approved dan tetep optimis ya tapi tetep pasrah jangan terlalu berharap, tanamkan dalam hati kalau memang di approved alhamdulillah kalo ngga ya udah. hehe. Semoga tulisan ini membantu ya.

Goodluck !