Sebenernya udah lama mau posting itinerary backpacer ke Lombok tahun 2016 kemarin, tapi baru sempet sekarang. Okelah dikarenakan blog gw postingan yang paling banyak dibaca adalah Backpacker Lombok, jadi kali ini gw mau kasih itinerary buat yang mau backpackeran tapi masih bingung bikin itinerary dan cari tau budgetnya berapa. Price yang gw tulis dipostingan ini adalah price pada saat gw ngetrip di 2016 ya, so mungkin kalau mau tau update harga terbaru silahkan banyak-banyak googling aja atau bisa ditambahin aja  rate yang gw posting sama perkiraan rate tahun ini berapa.

Oya sekedar saran aja, menurut gw kalau backpacker ke Lombok cuma langsung ke Lombok dan gak mampir ke Bali dulu rasanya kayanya sayang banget, karena kalau gw itung ongkos backpacker sama pesawat ga jauh beda, jadi mending sekalian mampir aja ke Bali sehari atau 2 hari terus nginep semalem, kan lumayan sekali mendayung 2 pulau terlampaui. Tapi bagi yang cuma mau rasain sensasinya ya monggo. Btw itinerary ini startnya dari Jakarta ya..



Berikut itinerary nya :

Day 1

Naik Kereta dari Pasar Senen Jakarta ke Lempuyangan Jogjakarta

Option :
  1. KA Progo Rp. 125.000 (Berangkat jam 22:20, tiba jam 06:30 keesokan harinya)
  2. KA Bogowonto Rp. 170.000 (Berangkat jam 21:45, tiba jam 05:52 keesokan harinya)

Day 2

07:00 - 20:50  :  Naik Kereta Sri Tanjung dari Lempuyangan Jogjakarta ke Banyuwangi Baru Rp. 94.000 (update 2017).

22:00 - 00.00  :  Naik Kapal dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk Rp. 6.000.

Day 3 

01:00 - 05:30  :  Naik Mini Bus dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Padang Bai Rp. 40.000 - 60.000 (rate by googling).

06:00 - 10:00 : Naik Kapal Ferry dari Pelabuhan Padang Bai menyeberang ke Pelabuhan Lembar Lombok. tarif Rp. 46.000 (update 2017).

10:30 - 11:30 : Naik angkot ke Cakranegara tarif Rp. 25.000 (sebenernya bisa tawar-tawaran, karena gw udah cape jadi ya udah mentok diharga yang dikasih), saran gw menginap didaerah Cakranegara, disana banyak penginapan murah. Rekomendasi hotel di Hotel Viktor 2  (reservasi : 081907092188) , tarif 1 kamar per malem Rp. 150.000, jadi kalau berdua dibagi dua cuma Rp. 75.000/orang.

11:30 - 13:00 : Menuju Lombok Tengah pake motor, sewa motor di Hotel Viktor langsung tarif per hari Rp. 75.000 (belum termasuk bensin).

13:00 - 14:00 : Pantai Tanjung Aan dan Pantai Kuta Lombok

14:00 - 15:30 : Pantai Mawun

15:30 - 17:30 : Pantai Selong Belanak

17:30 - 19:00 :  Balik ke Hotel

19:00 - Malem : Bebas, saran gw makan malem cobain makan Ayam Taliwang Pak Udin. Enak banget! rokemended!

Day 4 

07:00 - 08:00 : Naik taxi ke Pelabuhan Bangsal Rp. 150.000, karena gw berempat jadi patungannya murah, kalau kalian bedua atau sendiri mungkin bisa googling cari alternatif transportasi lain. Oya taxi ini gw minta tolong orang hotel cariin jadi nego nego nya udah dari kemaren. Dan untuk pulang ke Bandara mending nego lagi aja sama Supir taxi lumayan kan biar ga ribet cari taxi di Pelabuhan Bangsal nanti.

08:30 - 09:15  : Naik kapal dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan Rp. 20.000 (harga 2016)

09:15 - 10:00 : Menuju penginapan. Saran gw booking dari sebelum sampe Gili Trawangan biar ga pusing nyari, banyak koq penginapan murah, gw kemaren nginep di Pondok Linda, ambil kamar yang 1 kamar berempat 1 malem cuma Rp. 400.000, jadi dibagi 4 per orang cuma Rp. 100.000,  karena kita nginep 2 malem jadi per orang 2 malem cuma Rp. 200.000.

10:00 - Sore : Udah di Gili Trawangan jangan lupa sewa sepeda, macem-macem harga sewanya, karena gw sewa di penginapan jadi murah cuma Rp. 35.000 per hari, sepuasnya deh tuh sampe pantat sakit kelamaan duduk di jok sepeda. Selama di Gili Trawangan, keliling aja puterin sampe balik lagi ke tempat penginapan, banyak pantai-pantai bagus buat foto dan sunbathing, terus jangan lupa ke  Ombak Sunset foto di Ayunan yang lagi hits, kalau ada budget lebih nongkrong di beach club juga boleh koq modal minum doang, minuman harganya kisaran Rp. 35.000 - 50.000. Tapi kalau cuma mau nongkrong pinggir pantai ya gpp, lebih murah malah gratis! Oya kalau mau beli makan murah beli Nasi bungkus yang dijual disepanjang jalan Gili Trawangan harganya Rp. 15.000 (tahun 2016), isinya Ayam gitu, banyak juga jajanan SD kaya baso tusuk.

Malem : Nah abis keliling seharian, banyak pilihan yang bisa dilakukan malam hari, nongkrong di cafe-cafe yang ada live musiknya aja, beli minum aja murah koq yang Rp. 20.000 juga ada, terus kalau laper lagi pengen makan dan punya budget lebih dateng ke Pasar Malemnya, disana banyak jual jenis makanan seafood, Lele, Ayam, dll. Gw waktu makan ayam disana sekitar Rp. 30.000 sama minum aqua botol.

Day 5

07:00 - 10:00 : Breakfast di Penginapan (enaknya nginep disini dapet breakfast meskipun cuma roti sama teh manis/juice), terus menunggu dijemput guide buat keliling Pulau. Oya untuk trip keliling 3 pulau ini banyak disekitaran deket dermaga Gili Trawangan, karena males nyari jadi akhirnya pas ditawarin sama orang penginapan kita ambil aja toh ga terlalu mahal, biayanya Rp. 100.000.

10:00 - 16:00 : Trip keliling 3 pulau (snorkeling dan lain-lain). Oya saran gw kalo mau ikut trip better beli makan di deket dermaga gili trawangan Rp. 15.000 karena trip ini exclude makan siang jadi makan siang beli sendiri, pengalaman gw makan di Gili Air mahal banget, bisa sampe 50rb, so kalian mending beli dulu biar hemat, jangan lupa air minum juga bawa.

16:00 - Malem : Saran gw malem jalan-jalan aja di Gili Trawangan kalo malem rame banget banyak club, ga usah nongkrong juga gpp daripada di penginapan bengong. Terus abis itu baru deh packing.

Day 6

Untuk hari terakhir, saran gw mending pulang pake pesawat aja, pesawat dari Lombok harganya kisaran Rp. 500.000 - 600.000 koq. Karena kalau baliknya ngeteng akan menghabiskan banyak waktu dan biayanya pun hampir sama kaya naik pesawat, nah untuk hari terakhir ini sesuaikan aja dengan jam kepulangan ya. Gw naik kapal dari Gili Trawangan pagi, harganya beda sama pas nyeberang ke Gili Trawangan, baliknya Rp. 15.000. Dan jangan lupa dari Pelabuhan Bangsal ke Bandara mending udah booking taxi yang anter ke Pelabuhan Bangsal kemaren aja, jadi nego-negoan, gw kemarin sewa taxi ke Bandara Rp. 240.000 dibagi empat orang. Jangan lupa sebelum balik mampir ke Pusat oleh-oleh Lombok (lupa nama tempatnya), katanya sih yang khas buat dibawa oleh-oleh itu Kopi Khas Lombok, kemaren gw bawa Kopi buat oleh-oleh orang kantor.

Sekianlah itinerary versi gw buat ke Backpacker ke Lombok. Sebenernya gw kemarin mampir ke Bali 2 hari tapi ga gw kasih contoh ya, jadi gw cuma kasih contoh yang langsung ke Lombok aja. Semoga bisa ngebantu buat yang mau backpacker ya. maaf kalau kurang detail. hehe.

THANK YOU !